usaha ibu rumah tangga modal kecil
Dua puluh tahun lalu fransiska hanya
seorang ibu rumah tangga sementara suaminya Kochouseph Chittilapally pengelola
perusahaan yang sukses (V-Guard), produsen peralatan listrik yang berbasis di
Kerala (nama daerah di timur tengah). Hari ini, fransiska di 60 tahun awal
nya adalah salah satu wanita paling sukses sebagai pengusaha di Kerala dengan
Rs 75 crore ( 750 juta) bisnis usaha Ibu rumah tangga.
Perusahaannya, satar-V adalah salah
satu merek pakaian terkemuka di Kerala, pelan-pelan meluas ke negara-negara
Selatan lainnya sementara 20 persen dari usahanya dari pasar Timur Tengah.
V-star memiliki 180 karyawan dan
sekitar 2.000 orang, terutama perempuan miskin dari daerah-daerah terpencil
Kerala yang bekerja secara tidak langsung sebagai penjahit.
Bullish pada prospek bisnis,
perusahaan mengharapkan omset 100 Rs crore (1 miliar) tahun depan.
"Itu adalah transformasi lambat
ibu rumah tangga sederhana menjadi seorang pebisnis. Hari ini, saya memiliki
keberanian dan kepercayaan diri untuk berbicara dengan siapa pun. Kadang-kadang
saya merasa semua ibu rumah tangga memiliki kemampuan seperti itu di dalamnya,
tapi mereka tetap tersembunyi karena mereka mendapatkan eksposur yang
ada,"Kochouseph fransiska memberitahu dari web Warrier/Rediff.com
menceritakan perjalanannya dari seorang ibu rumah tangga untuk seorang
pengusaha sukses.
Suami Anda adalah seorang pengusaha
sukses. Apakah Anda pernah berpikir untuk bergabung dengan dia?
Suami saya telah mengundurkan diri
pekerjaannya dan memulai usahanya sendiri hanya enam bulan sebelum pernikahan
kami pada tahun 1977.
Itu hanya awal yang sederhana, usaha
kecil berjalan dari ruang dengan hanya lima orang. Kami tinggal di sebuah rumah
kontrakan dan kemudian memiliki hanya skuter.
usaha ibu rumah tangga sukses
Hari ini, bahwa bisnis telah
berkembang menjadi Rs1, 500 crore Kekaisaran (15 miliar)!
Ketika anak-anak saya tumbuh dewasa,
saya mulai pergi ke kantornya tapi aku segera menemukan usahanya elektronik itu
tidak secangkir teh.
Oleh itu, bug kewirausahaan telah
digigit saya; Saya juga ingin memulai sesuatu dari saya sendiri. Saya
mengatakan kepadanya bahwa aku ingin memulai sebuah toko pakaian seperti aku
selalu tertarik dalam merancang.
Gambar: Kochouseph fransiska di unit
manufaktur bintang-V. Foto: Hormat, bintang V
Bagaimana adalah awal? Dengan modal
berapa banyak Anda mulai toko pakaian?
Suami saya memiliki bangunan yang
tidak terpakai. Aku dikonversi ke pabrik saya. Tapi dia bersikeras bahwa saya
harus membayar sewa. Saya juga mengambil pinjaman Rs 20 lakh darinya untuk
investasi awal; untuk membeli mesin-mesin dan aksesoris lainnya. Aku bekerja 10
orang.
Saya membeli gaun bahan dari Mumbai,
dirancang dan dijahit salwar kameez dan memeliharanya di butik saya tetapi
usaha tersebut berubah menjadi bencana. Dalam beberapa bulan pertama, aku
bahkan tidak punya uang untuk membayar sewa untuk suami saya.
Aku memutuskan untuk menutup butik
dan mulai memasok untuk berbagai toko.
Untuk itu, saya bekerja dengan
manajer pemasaran. Saya menjual pakaian di bawah label V-bintang yang
didaftarkan oleh suami saya sebelumnya.
Apakah hari-hari awal sulit?
Ya, hari-hari awal adalah cukup
sulit. Butuh empat tahun untuk usaha Ibu rumah tangga menjadi menguntungkan. Ketika saya bekerja dengan orang-orang, mereka memandang usaha saya sebagai adik
keprihatinan V-Guard, jadi saya harus memberikannya gaji yang sama yang suami
saya menawarkan. Itu tidak mudah bagi saya.
Meskipun aku merasa sulit untuk
membayar kembali pinjaman di empat tahun pertama, aku bertekad untuk membuatnya
sukses. Aku mengambil itu sebagai tantangan.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan
Anda untuk membuat merek Anda terlihat?
Butuh waktu 4-6 tahun untuk membuat
merek V-Star sukses. Pada tahun 2000, itu Rs 6 crore ( 60 juta) usaha.
usaha yang cocok buat ibu rumah tangga
Namun, pada tahun 2000 saya
memutuskan untuk menjelajah ke bisnis pakaian karena saya menemukan bahwa ada
permintaan untuk bra.
Banyak pemilik toko yang pelanggan
saya bertanya padaku mengapa aku tidak menghasilkan bra karena ada kelangkaan
kualitas bra.
Ketika kami memiliki gaun kualitas
unggul, mereka ingin saya untuk menjelajah ke membuat bra. Jadi, itu para
pemilik toko yang memberi saya ide untuk diversifikasi bisnis saya.
Saya mengambil saran mereka sebagai
tantangan. Oleh itu, saya punya 50 orang yang bekerja untuk saya dan saya
belajar teknik pembuatan bra yang sempurna dalam waktu singkat dan
menamakannya, Vanessa.
Vanessa adalah sukses besar karena
sebagai seorang wanita saya bisa berkontribusi banyak untuk membuat produk yang
dihargai oleh pelanggan.
Hari ini, kami adalah merek pakaian
nomor satu di Kerala, yang saya rasa merupakan suatu prestasi.
Segera, kami mulai membuat pakaian
untuk pria dan wanita, dan juga aksesoris seperti legging, dll. Kita bisa
menyusul semua merek mapan dalam waktu singkat.
Dari Rs 2 crore omset di tahun
pertama, kami mulai tumbuh 100 persen per tahun. Tahun ini, omset kami akan Rs
75 crore (750 juta) dan tahun depan, kami akan menyentuh Rs 100 crore (1
miliar).
Bagaimana orang bereaksi terhadap
bisnis pembuatan bra Anda?
Kerala menjadi masyarakat yang
konservatif, saya melihat sebagai seseorang yang melakukan sesuatu yang salah.
Itu seolah-olah saya melakukan bisnis kotor.
Tidak mengganggu tentang apa yang
masyarakat katakan atau rasakan, saya memutuskan untuk memasarkan produk saya
juga.
Kami menyewa sebuah model yang
sangat cantik untuk mempromosikan produk kami. Kami kemudian memasang besar
hoardings model mempromosikan produk kami.
Kami juga memberikan iklan sebagai
pusat tersebar di majalah wanita populer di Kerala.
Apa adalah reaksi suami Anda bila
Anda memasang seperti hoardings di kota?
Dia bilang dia merasa malu karena
banyak teman-teman nya menggoda dia.
Saya mengatakan kepadanya bahwa
tidak perlu merasa malu karena semua wanita menggunakan produk ini.
Saya mengatakan kepadanya bahwa jika
ia bangga akan penyeimbang yang dibuatnya, aku juga bangga bra yang kubuat.
Saya bertanya, bagaimana bisa
melakukan bisnis tanpa menampilkan produk saya?
Jika Anda datang ke kantor saya,
Anda akan melihat bra di meja saya ketika saya membahas tentang produk dengan
manajer saya.
Hal ini tidak diproduksi untuk
merasa malu. Hal ini tidak diproduk karena cabul. Saya mendapatkan surat dari
orang-orang yang bertanya pada saya apakah saya tidak malu melakukan bisnis
seperti. Aku tidak pernah peduli tentang komentar seperti itu seperti aku
menjual produk yang setiap orang menggunakan.
Hari ini, pakaian telah menjadi
produk glamor tapi itu tidak begitu ketika saya mulai 14 tahun yang lalu.
Dimana ada unit manufaktur Anda?
Semua produk rajutan yang dibuat di
Tirupur di Tamil Nadu. Kami telah mengambil sebuah pabrik di sewa dan kami
berencana untuk membuka kantor dan pabrik sendiri sangat segera.
Mengapa Anda memutuskan untuk tidak
memiliki sebuah pabrik di Kerala?
Suasana politik Kerala tidak
kondusif untuk memiliki sebuah pabrik dengan 500 orang. Jika aku mulai seperti
pabrik di sini, dalam sebulan, Anda akan memiliki empat buruh dan saya akan
harus mengambil mereka izin untuk mengambil setiap keputusan.
Kerala adalah tempat yang mengerikan
untuk melakukan bisnis. Keralites lupa untuk bekerja; mereka hanya tahu untuk
menghalangi kerja dan gherao mereka yang bekerja. Anda tidak akan dapat
menjalankan bisnis yang menguntungkan di negara ini dengan memberikan upah
tinggi untuk produktivitas rendah.
Itulah alasan mengapa tak seorang
pun ingin berinvestasi di negara ini. Perlahan-lahan, aku melihat sedikit
perubahan terjadi di sini, tetapi itu akan mengambil tahun untuk Kerala untuk
menarik investor.
Kerala adalah satu-satunya negara
yang mana Serikat pekerja mengumpulkan uang untuk hanya memandang pekerja lain
bongkar muat barang. Panggilan ini 'nokku kooli' yang berarti uang untuk hanya
menonton orang lain melakukan pekerjaan. Apakah negara lain memiliki hal yang
bodoh?
Orang-orang di sini begitu takut ini
bajingan yang mereka berikan tuntutan mereka. Sebagai hasilnya, mereka telah
berkembang.
Hanya mereka yang memiliki
keberanian untuk menghadapi seperti Serikat pekerja dapat melakukan bisnis di
sini. Sikap di Kerala bahkan hari ini adalah bahwa orang-orang yang melakukan
bisnis orang-anti- orang dan mereka memanfaatkan orang miskin.
Sikap ini telah berubah. Mengapa
Anda melakukan bisnis? Untuk membuat keuntungan dan untuk tidak kehilangan uang
Anda, dan itu adalah tidak untuk mengeksploitasi orang.
Suami saya memiliki pengalaman yang
buruk pada tahun 1985 yang V-Guard mulai outsourcing dari, dan ia berhenti
mempekerjakan orang di Kerala.
Saya juga mengikuti hal yang sama
seperti saya tidak ingin bendera merah di depan saya pabrik; Saya ingin
pekerjaan untuk dilakukan.
jenis usaha ibu rumah tangga
Produk kaus kaki, katamu dibuat di
Tirupur. Mana Anda memiliki unit manufaktur Anda yang lain?
Saya memiliki 16 unit di Kerala
tetapi mereka semua adalah outsourcing. Mereka semua dilakukan di berbagai
biara yang terletak di tempat terpencil di mana rata-rata 50 perempuan bekerja
di setiap unit.
Pada rata-rata, kami membuat 4,5
lakh bra setiap bulan. Saya telah berhenti bisnis pakaian sepenuhnya. Kami mengganti
merek semua produk pakaian dalam di bawah satu merek, V-Star dan juga dirancang
ulang logonya.
Bagaimana Anda mendapatkan
kepercayaan diri untuk mengambil keputusan berani sebagai seorang wanita?
Butuh setidaknya lima tahun bagi
saya untuk ikut menyadari bahwa saya adalah seorang wanita bisnis yang
melakukan usaha rumahan ibu rumah tangga biasa. Karena aku hanya seorang ibu
rumah tangga dengan tidak sepenuhnya pengalaman melakukan bisnis atau usaha
sampingan ibu rumah tangga, membuat rencana bisnis dan strategi adalah hal yang
sulit awalnya. Pada awalnya saya bahkan tidak tahu apa yang harus atau cara
untuk berbicara dengan karyawan.
Hal itu sangat lambat sekali
transformasinya dari seorang istri yang sederhana menjadi seorang pebisnis.
Hari ini, saya memiliki keberanian dan kepercayaan diri untuk berbicara dengan
siapa pun. Kadang-kadang saya merasa semua ibu rumah tangga memiliki kemampuan
seperti itu di dalamnya, tapi mereka tetap tersembunyi karena mereka kurang mendapatkan
eksposur yang ada dan tak mau di tumbuhkan keberanian dalam hal itu.
Saya memberitahu perempuan lain
untuk mencoba untuk menjelajahi dunia mereka sendiri dengan keberanian dan
kepercayaan diri sebagai tak seorang pun akan memberikan sesuatu kepada Anda di
piring; Anda harus menemukan pilihan yang tepat.
Apa Apakah tantangan terbesar yang
Anda hadapi sebagai pengusaha?
Pemasaran produk dan mempertahankan
karyawan adalah tantangan terbesar. Untungnya, aku punya orang-orang baik yang
bekerja untuk saya hari ini.
Apakah Anda ambisius seperti seorang
pebisnis?
Ketika saya menjadi seorang
pengusaha di 40, saya sama sekali tidak ambisius tapi hari ini, saya sangat
ambisius.
Saya memiliki kompetisi di rumah
sendiri dengan suami saya dan anak-anak yang lebih baik daripada saya; mereka
memiliki bisnis RS Rs 1.500 crore sementara saya adalah bisnis terkecil di sini
di hanya Rs 75 crores!
Semoga kisah sukses di atas menjadi angan angan dan cita
cita anda juga sehingga kita dapat berhasil bersama dalam bisnis yang benar
benar kita tekuni. Saya berharap dapat memberikan ilmu lebih banyak lagi
tentang semua ini. Namun apa daya saya hanya mampu menceritakannya saja tanpa
memberikan pembuktian yang lebih. Jangan lupa terus kunjungi blog saya, semoga
dapat memberi hal lebih pada anda. Sebenarnya masih banyak kisah sukses lain
tentang usaha ibu rumah tangga di luar sana, yang mereka sukses dengan sangat
tidak mudah dan harus berpindah pindah tempat tinggal dan sampai mempunyai banyak
hutang disana sini, namun pada akhirnya mereka dapat mewujudkan cita citanya
dan sukses dalam bisnis yang tidak mereka yakini awalnya. Terima kasih atas
kunjungan anda, jangan lupa sertakan komentar
di bawah, dan saya minta maaf apabila ada salah kata.
Bonus video pendukung :